Home / Blog / Unicoop Gelar Webinar #BangkitBerkoperasi, Bedah Strategi Optimalkan Peran Koperasi di Era Digital

Unicoop Gelar Webinar #BangkitBerkoperasi, Bedah Strategi Optimalkan Peran Koperasi di Era Digital

07/04/2021, 4:01 am

Unicoop berhasil menggelar webinar pada tanggal 31 Maret 2021 dengan mengusung tema #BangkitBerkoperasi "Bedah Strategi Optimalkan Peran Koperasi di Era Digital. Webinar ini diisi oleh pembicara professional yaitu Bapak Ruli Kusumahadi selaku konsultas Koperasi dan UKM, Bapak Adam Nugraha founder dan CEO dari WARKO.ID dan Rangga Siswara selaku Product Owner dari Unicoop itu sendiri.

Pada masa pandemi, peran koperasi dan UMKM pastinya mengalami hambatan besar. Namun bukan berarti tidak mungkin untuk berkembang. Di era digital ini, pelaku bisnis dapat memanfaatkan peran teknologi dengan semaksimalnya agar roda bisnis tetap bisa terus berjalan. Maka dari itu, dalam mengelolanya diperlukan sebuah strategi yang matang. Menurut Bapak Ruli, terdapat empat cara agar koperasi dapat bertahan hidup, yaitu (1) pelaku bisnis harus bisa menyesuaikan keadaan, seperti halnya di masa pandemi, (2) strategi harus terus update karena saingan akan terus bertambah, (3) diperlakukannya inovasi-inovasi baru, dan yang terakhir (4) memodifikasi bisnis dengan keadaan sesuai eranya.

Meski disebut lembaga sosial, koperasi tetap badan profit-oriented. Maka untuk memajukan suatu koperasi, setiap anggota koperasi pun harus bersama-sama mengoptimalkan fungsi koperasi tersebut, karena anggota adalah pemilik, produsen, dan konsumen dari suatu koperasi. Badan koperasi manapun bebas untuk menentukan kebijakan agar dapat menghidupkan koperasinya sesuai kesepakatan suara anggota.

Digitalisasi koperasi adalah model yang tepat untuk kaum milenial saat ini. Dibantu dengan banyaknya perusahaan teknologi yang sudah memfasilitasi kearah sistemasi atau digitalis, koperasi seharusnya bisa lebih optimal untuk makin mengembangkan sayapnya. Maka hadirlah Unicoop untuk memberikan solusi koperasi di era sekarang sambil memvalidasi IT para koperasi di Indonesia. Unicoop bukan hanya disrupsi koperasi dari tradisional-manual ke modern-digital. Kami juga membangun ekosistem ekonomi yang saling terhubung, profitable, serta mendukung platform baru koperasi yang sudah harus digital.