Home / Blog / Kesempatan dan Peluang Koperasi dalam E-Commerce Yang Semakin Terbuka

Kesempatan dan Peluang Koperasi dalam E-Commerce Yang Semakin Terbuka

26/04/2021, 1:52 am

Tercatat ada sebanyak 260 juta transaksi dilakukan secara digital oleh 4 juta penjual aktif pada kuartal II/2020 dan banyak di antaranya merupakan pelaku UMKM. Diperkirakan sudah ada 16 persen pelaku UMKM yang masuk ekosistem digital. E-commerce, sebagai media transaksi jual beli online, adalah gerbang bagi pelaku UKM untuk melakukan transformasi digital dengan menggunakan alat promosi digital, sistem informasi digital, pembayaran digital, serta manajemen relasi dengan pelanggan secara digital. Tak terkecuali bagi koperasi.

Koperasi sebagai salah satu lembaga milik masyarakat yang terjun disegala bidang bisnis diharapkan juga mengikuti perkembangan digital agar tak kalah saing dan parahnya terlupakan. Koperasi dapat hadir sebagai alternatif untuk masyarakat dalam berbelanjan. Misal, jika masyarakat akan membeli suatu barang atau makanan, akan terjadi kompetesi apakah mereka akan ke toko koperasi atau ke toko biasa. Semua tergantung pricing point masing-masing.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan koperasi untuk dapat bangkit di era e-commerce saat ini. Pertama, koperasi bisa menawarkan produk di berbagai aplikasi yang sudah ada. Sehingga, produk-produk mereka bisa diakses oleh siapapun, baik calon konsumen di dalam negeri maupun luar negeri. Dengan demikian, semua pelaku koperasi harus mulai terbiasa go-digital.

Kedua, koperasi harus menjaga kualitas barang dan juga membuat kemasan yang baik. Secara kualitas, barang-barang produk UKM-koperasi umumnya sudah cukup baik. Tinggal bagaimana mereka bisa bersaing secara sehat demi meraup keuntungan dengan strategi pemasaran yang diperlukan.

Pemerintah harus terus konsisten dan terarah dalam memberikan edukasi ke UKM-koperasi untuk bisa memanfaatkan layanan e-commerce yang sudah ada, ataupun pemerintah harus membuatkan e-commerce khusus UKM-koperasi dan konsisten untuk selalu memberikan edukasi ke UKM-koperasi secara profesional dan manajemen yang baik seperti manajemen e-commerce non-pemerintah. Unicoop sebagai plarform koperasi digital di Indonesia juga telah dilengkapi dengan fitur e-commerce yang akan memudakan koperasi dalam memanfaatkan layanan e-commerce untuk mengembangkan bisnis koperasi di era digital.