Home / Blog / Koperasi Digital Masa Kini dengan Berbagai Strategi dan Keuntungannya

Koperasi Digital Masa Kini dengan Berbagai Strategi dan Keuntungannya

20/09/2021, 2:26 am

Di era digital seperti saat ini telah banyak bidang pekerjaan yang memanfaatkan teknologi sebagai bagian dari pengembangannya, tak terkecuali dalam bidang ekonomi. Koperasi menjadi salah satu yang turut andil memanfaatkan digitalisasi menjadi koperasi digital. Berbeda dengan koperasi konvensional yang hanya bergerak di bidang ekonomi, koperasi digital juga begerak di bidang teknologi. Umumnya, koperasi ini memfokuskan kegiatannya pada tiga bidang, yaitu Device, Network dan Application (DNA).

Selaras dengan itu, Kementerian koperasi dan UKM saat ini sedang mengoptimalkan berbagai strategi transformasi koperasi modern. Upaya tersebut bertujuan agar dapat meningkatkan kembali kesejahteraan masyarakat atau anggotanya melalui peran koperasi.koperasi ini harus bisa menjadi bagian yang ada dalam sirkuit ekonomi dengan model inclusive closed loop yang diselenggarakan melalui kemitraan. Nantinya akan melibatkan beberapa pihak seperti UMKM, perbankan, koperasi hingga offtaker yang akan terhubung dengan rantai pasok bisnis.

Namun, terlepas dari itu semua tentu akan ada beberapa strategi koperasi yang akan dikembangkan untuk kedepannya, antara lain seperti :

1. Strategi Dengan Model Koperasi Multipihak

Mengenalkan pula model koperasi multipihak, menjadi strategi pertama yang dapat menjadi pilihan bagi masyarakat atau anggotanya. Dengan strategi ini dapat mengagregasi berbagai kepentingan yang didasarkan dari manfaat yang adil serta wajar bagi setiap kelompok.

2. Pengembangan di Sektor Rill

Pengembangan koperasi berfokus lkepada koperasi yang ada di sektor riil. Hal ini memiliki koefisien ataupun daya ungkit yang tinggi terutama pada sektor komoditas seperti perikanan, perkebunan, pertanian hingga pariwisata.

3. Mengembangkan Bisnis Dengan Skema Kemitraan

Koperasi digital juga dapat mengembangkan bisnis dengan skema kemitraan dengan saling menguntungkan dari hulu-hilir. Keberlangsungan produksi akan tetap terjaga dengan baik dan usaha koperasi bersama berbagai sektor atau anggotanya seperti nelayan, petani, peternak dan sebagainya bisa sejahtera dengan adanya sistem inclusive close loop (rantai pasok yang terintegrasi).

4. Memperluas Akses Pembiayaan

Koperasi digital dapat memperluas akses pembiayaan, seperti sindikasi pembiayaan antar koperasi. Hal ini berhubungan dengan potensi besar yang ada sehingga dapat dikembangkan dengan lebih baik lagi. *5. Strategi Amalgamasi * Strategi yang dilakukan melalui amalgamasi dimaksudkan untuk penggabungan, baik secara vertikal dengan sesama koperasi ataupun horizontal melalui unit usaha koperasi. Tujuannya untuk memperkuat kembali posisi lembaga serta usaha koperasi. 6. Digitalisasi Pelayanan dan Usaha Koperasi

. Digitalisasi Pelayanan dan Usaha Koperasi

Dengan adanya beberapa strategi yang akan diterapkan, diharapkan peran koperasi dapat menjadi semakin besar terutama dalam memberikan kontribusi PDB serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan anggotanya.